img

DDR 5 merupakan generasi kelima dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory (RAM). Memori Ram DDR 5 ini rilis pada tahun 2021 yang sebelumnya Ram yang tertinggi adalah DDR 4 yang mempunyai kecepatan transfer clock antara 2133 MHz hingga 4800 MHz, dan mampu menghasilkan throughput data hingga 51,2 GB/s, memiliki 288-pin connector.

 

DDR 5 hadir dengan peningkatan kinerja dan kapasitas yang cukup besar, dan konsumsi daya lebih sedikit namun memberikan efisiensi yang lebih besar. Memori DDR5 dirancang untuk memberikan skalabilitas yang ditingkatkan, sehingga memudahkan pengoperasian karna kapasitas yang di perluas dengan peningkatan kecepatan data yang lebih tinggi.Tapi bagaimana perbandingannya dengan pendahulunya yaitu DDR 4 ? Dan mengapa kita harus menggunakan pertimbangan untuk meningkatkan RAM daripada mengganti seluruh komponen

 

1.       Kecepatan

 

Salah satu perbedaan paling signifikan antara DDR4 dan DDR5 adalah kecepatan transfer data. Memori DDR4 beroperasi pada kecepetan mulai dari 2133 MT/s hingga 3200 MT/s. Di sisi lain, DDR5 dimulai pada kecepatan dasar 4800 MT/s dan diperkirakan akan mencapai hingga 6400 MT/s. DDR5 memberikan peningkatan bandwith 50% untuk pengguna agar pemrosesan lebih cepat dan multitasking lebih lancar.

 

2.      Kapasitas

 

DDR5 membawa peningkatan substansial dalam kapasitas yang lebih luas dibandingkan DDR 4. Kapasitas maksimum DDR 4 berada di 32GB, sedangkan modul DDR5 mulai dari 16GB hingga mencapai 128GB.

 

3.      Efisiensi Daya

 

Memori DDR5 beroperasi pada tegangan yang lebih rendah dibandingkan dengan DDR4, menghasilkan peningkatan efisiensi daya hingga 20%. Hal ini tidak hanya membantu menghemat masa pakai baterai di laptop dan membantu server dalam perusahaan yang beroperasi 24/7, tetapi juga berkontribusi untuk mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan, menurunkan panas yang dihasilkan, dan memperpanjang umur komponen. DDR5 juga memiliki perintah baru, fitur-fitur baru ini meningkatkan kinerja dan efisiensi dan berpotensi memangkas biaya untuk bisnis.

 

4.      Bandwith dan Latensi

 

Memori DDR5 dibagi menjadi dua subsaluran independen 32-bit yang dapat dialamatkan, yang secara efektif menawarkan bank memori dua kali lipat. Ini menurunkan latensi akses data untuk pengontrol memori yang menghasilkan peningkatan bandwidth secara keseluruhan. Sementara lebar data modul DDR5 adalah 64-bit, seperti DDR4, membaginya menjadi dua saluran meningkatkan kinerja keseluruhan. Untuk perusahaan, ini berarti transfer data lebih cepat dibandingkan dengan DDR4, dan aplikasi yang membutuhkan kinerja latensi rendah, seperti game atau sistem pemrosesan data real-time, didukung lebih baik tanpa kompromi dalam kinerja. Selain itu, DDR5 menggunakan Decision Feedback Equalization (DFE) untuk memberikan integritas sinyal yang stabil dan andal, yang juga memungkinkan bandwidth tinggi.

 

5.      Kompabilitas

 

Modul memori DDR5 dan DDR4 tampak serupa, namun perubahan signifikan dalam faktor bentuknya berarti bahwa modul DDR5 tidak kompatibel dengan sistem lama. Hal ini disebabkan oleh perbedaan arsitektur dan konfigurasi pin; karena itu, penting bagi bisnis untuk memeriksa apakah modul RAM yang mereka beli didukung oleh motherboard mereka.

 

mengingat bahwa DDR5 juga hadir dalam format SODIMM (untuk laptop) dan sebagai LPDDR5 untuk smartphone dan desain ultra tipis lainnya.

 

Singkatnya, Dalam lanskap teknologi saat ini, bisnis menghadapi tuntutan yang meningkat untuk sistem yang lebih cepat dan lebih efisien tetapi sangat sadar akan biaya yang melekat pada merobek dan mengganti. Meningkatkan ke memori DDR5 memiliki peran penting dalam penerapan strategi 'upgrade daripada mengganti', memberikan pendekatan hemat biaya untuk meningkatkan kinerja dan memaksimalkan nilai sistem yang ada. Dalam hal produktivitas, gangguan pada alur kerja dan meminimalkan waktu henti, meningkatkan RAM jauh lebih mudah daripada mengganti sistem.

 

Kesimpulannya, perbedaan utama antara teknologi memori DDR4 dan DDR5 menunjukkan keuntungan mengadopsi DDR5 untuk bisnis yang ingin meningkatkan kinerja sistem dan umur panjang. Dengan meningkatkan RAM daripada mengganti seluruh komputer dan aset, bisnis dapat menghemat biaya, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, dan mengimbangi tuntutan dunia digital yang terus berkembang.

 

Arikel ini merujuk pada : KLIK DISINI