Kriteria Pelaporan

Kejadian yang patut dilaporkan

Penipuan

Korupsi

Pelanggaran kebijakan

Syarat yang harus dipenuhi

Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui.

Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut.

Dimana perbuatan tersebut dilakukan.

Kapan perbuatan tersebut dilakukan.

Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan.

Cara Pelaporan

Jika Anda merasa memiliki semua informasi untuk melaporkan sebuah pelanggaran, ikutilah langkah-langkah dibawah ini untuk membuat sebuah laporan

Formulir Pelaporan

Terlepas dari apakah Anda memilih untuk mengungkapkan identitas Anda atau tidak, kami akan memastikan kerahasiaan dan/atau anonimitas Anda.

Namun, jika Anda memilih untuk tidak mengungkapkan identitas Anda, mohon pengertiannya jika proses investigasi mungkin akan memakan waktu lebih lama untuk ditindaklanjuti/diselesaikan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Respon yang diberikan kepada pelapor berupa respon awal (ucapan terima kasih telah melakukan pengaduan) dan status/tindak lanjut pengaduan paling akhir sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Respon terkait dengan status/tindak lanjut pengaduan dapat dilihat dalam history pengaduan aplikasi WBS.
Sesuai dengan Pedoman Menteri Kominfo No.6 tahun 2018, jawaban/respon atas pengaduan yang disampaikan wajib diberikan dalam kurun waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak pengaduan diterima.
Pengaduan yang Anda berikan akan direspon dan tercantum dalam aplikasi WBS ini dan akan terupdate secara otomatis sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan. Untuk dapat melihat respon yang diberikan, Anda harus masuk terlebih dahulu dengan username yang telah Anda registrasikan di aplikasi ini dan Anda dapat melihat status pengaduan dalam history pengaduan sesuai dengan nomor register pengaduan yang didapatkan. Sebagai catatan, pengaduan Anda akan lebih mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan. Hal lebih lanjut/lengkap terkait dengan unsur pengaduan dapat dilihat di sini.

Hubungi Bantuan

Masih ada pertanyaan? Kontak kami melalui E-mail atau Whatsapp dibawah ini. Tim Customer Success kami siap membantu anda melalui :